Ini Loh 7 Ciri-Ciri Keluarga Sakinah Mawadah Wa Rahmah

Setiap pasangan muslim di seluruh dunia tentunya menginginkan keluarga yang tentram dan penuh kebahagiaan atau dalam Islam sering disebut keluarga sakinah mawadah wa rahmah. Menghabiskan waktu bersama keluarga terkasih akan memberikan kebahagiaan dan ketentraman yang luar biasa. Tapi agar bisa mewujudkannya, apa saja ciri-ciri keluarga sakinah mawadah wa rahmah yang sebenarnya?

Menurut Ning Asmara, seorang pakar percintaan dan rumah tangga, menyebutkan bahwa ada tujuh ciri keluarga sakinah mawadah wa rahmah. Yuk simak penjelasan  Ning Asmara di bawah ini.

  1.   Keimanan menjadi pondasi pernikahan

Keimanan yang kuat merupakan pondasi atau dasar memiliki keluarga yang sakinah mawadah wa rahamah. Jika memiliki keimanan yang kuat maka semua aktivitas akan dilakukan dengan niat lillahi ta’ala dan mengharapkan ridho-NYA.  

 

  1.   Terdapat cinta dan kasih sayang yang tulus

Keluarga yang Sakinah mawadah wa rahmah tentunya terdapat cinta dan kasih sayang yang tulus dan ikhlas. Menyayangi pasangan dan anak tanpa meminta balasan. Tanpa diminta pun akan memberikan cinta dan kasih sayang yang luar biasa.

 

  1.   Saling memiliki dan menjaga satu sama lain

Ciri yang ketiga yaitu saling memiliki dan menjaga satu sama lain. Sebagai pasangan sudah menikah seharusnya menjaga satu sama lain. Dalam ajaran Islam dijelaskan bahwa pasangan merupakan pakaian, dimana pakaian memiliki fungsi untuk melindungi. Oleh karena itu, kepada pasangan harus bisa melindungi, tidak melakukan penyelewengan apalagi pengkhianatan.

 

  1.   Terdapat ketentraman dan kedamaian

Ciri yang keempat yaitu satu sama lain bisa memberikan ketentraman dan kedamaian kepada pasangan. Sebagai pasangan harus bisa menjadi tempat ‘pulang’ bagi pasangannya dengan memberikan rasa tentram dan damai. Jika pasangan telah lelah menghadapi ‘dunia luar’ maka bisa memberikan ketentraman dan kedamaian agar bisa menemukan semangat hidup Kembali.

 

  1.   Saling mendukung satu sama lain

Saling mendukung kepada pasangan merupakan salah satu ciri keluarga yang sakinah mawadah wa rahmah. Mendukung karir atau profesi satu sama lain yang bertujuan untuk membangun keluarga dan membangun umat sebagai amanah dari Allah SWT.

 

  1.   Terpenuhi kebutuhan lahir dan batin

Pasangan satu sama lain harus bisa memenuhi kewajibannya. Memenuhi kebutuhan baik itu lahir maupun batin pasangan. Mulai dari kebutuhan keuangan, kebutuhan saling melindungi, hingga kebutuhan seksual.

 

  1.   Semuanya dilakukan karena lillahi ta’ala

Suami istri memiliki hak dan kewajiban masing-masing sesuai ajaran Islam. Dan pernikahan merupakan sebuah bentuk ibadah, maka sebaiknya semua hak dan kewajiban yang dilakukan disertai dengan niat lillahi ta’ala. Agar semua kegiatan yang dilakukan mendapat ridha Allah SWT. Jika semuanya diniatkan karena Allah Ta’ala insyaAllah keluarga Sakinah mawadah wa rahmah bisa diwujudkan.

Pernikahan yang diniatkan ibadah karena Allah SWT dan didasari atas keimanan yang kuat insyaAllah bisa membangun keluarga sakinah mawadah wa rahmah. Meskipun pada kenyataannya memang tak semudah itu. Tapi sebagai manusia harus tetap semangat berusaha dan berdoa agar keluarga sakinah mawadah wa rahmah bisa terwujud.